Blue Fire Pointer

Jumat, 07 April 2017

Teknologi Dan Pendidikan [ Resume 3 Psikologi Pendidikan

Teknologi Dan Pendidikan
  Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi dalam pendidikan sangat sering dibahas karena pendidikan sangat erat kaitannya dengan teknologi, begitu juga sebaliknya.
  1. Revolusi Tekonologi
Murid-murid zaman sekarang sangat berbeda dengan murid pada zaman ketika orang tua atau nenek kita bersekolah dan menjadi murid. Sekarang apabila anak ingin siap kerja, maka sebaiknya sekolah memusatkan teknologi sebagai pelajaran utama di kelas (Earle, 2002; Geisert & Futtrel, 2000; Sharp, 2002).Teknologi telah menjadi bagian dari sekolah selama bebrapa dekade,tetapi teknologi masih dipakai secara sederhana dan berubah dengan lamban.
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakt informasi di mana kita kini hidup. Orang menggunakan komputer, bollpoin, surat, dan telepon untuk berkomunikasi. Untuk sekolah yang tidak berlokasi di kawasan gurun, pendekatan tradisionalnya adalah menyuruh murid membacca topik dalam buku ajar, atau mungkin dengan mengamati beberapa reptil gurun di terarium, mendengar pemaparan tentang topik, dan mungkin kemudian menjawab pertanyaan yang memicu diskusi lebih lanjut.
  2. Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid. World Wide Web adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis. Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Email adalah singkatan dari electronic mail yang merupakan bagian penting lain dari internet.
  3. Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
Teknologi membawa beberapa isu sosial. Problem akses computer dan pemanfaatannya juga diperparah karena makin banyaknya computer di rumah keluarga kelas menengah atas. Teknologi membawa beberapa isu sosial maka dari itu berikut beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam askes dan penggunaan computer ( Gipson, 1997; sheffeld, 1997) ;
    i.  Saring materi untuk menghilangkan bias gender, kultural, dan etnis.
  ii. Gunakan teknologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif untuk semua murid dari semua latar belakang gender,etnis dan kultural.
  iii. Beri murid informasi tetang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda menggunakan teknologi secara efektif di dalam kehidupan dan karier mereka. Seperti mengundang analisis komputer untuk memberikan beberapa motivasi serta “tips and trick” agar mereka semangat.
  iv. Bicaralah dengan orang tua tentang pemberian aktifitas belajar berbasis komputer dirumah. Ajak orang tua untuk memberikan feedback yang positif kepada anak mereka agar menggunakan komputer.
  4. Standar untuk murid yang “ melek teknologi “
     i. Pra-taman Kanak-kanak Sampai Grade Dua
     ü Gunakan alat input (seperti mouse, keyboard, atau remote control) dan alat ouput (seperti monitor dan printer) untuk mengoperasikan komputer.
        ü Gunakan variasi media dan teknologi.
        ü Gunakan sumber daya multimedia yang pas seperti software pendidikan.
        ü Kerja sama dengan teman, anggota keluarga, dan orang lain.
        ü Gunakan sumber daya teknologi.
        ü Tunjukkan perilaki etis dan sosial yang positif.
   ii. Grade 3 sampai 5
        ü Gunakan keyboard dan alat input dan ouput secara efektif.
        ü Diskusikan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
        ü Gunakan alat teknologi untuk kegiatan menulis, berkomunikasi, dll.
        ü Gunakan telekomunikasi secara efektif.
     ü Gunakan telekomunikasi dan sumber daya online untuk ikut dalam proyek pembelajaran bersama.
        ü Gunakan sumber daya teknologi untuk aktivitas pemecahan masalah.
   iii. Grade 6 sampai 8
        ü Tunjukkan pengetahuan tentang perubahan dalam teknologi informasi.
        ü Gunakan alat yang spesifik, seperti software dan simulasi.
       ü Teliti dan evaluasi akurasi, relevansi dan bias dari sumber informasi elektronik.
   iv. Grade 9 sampai 12
        ü Identifikasi kapabilitas dan keterbatasan dari teknologi kontemporer.
        ü Gunakan informasi online secara rutin
    ü Pilih dan aplikasikan alat teknologi untuk riset, analisis informasi, dan pemecahan problem dalam pembelajaran materi.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.