Blue Fire Pointer

Sabtu, 01 April 2017

Cara Mengajar Yang Efektif (Resume 1 Psikologi Pendidikan)

Cara Mengajar Yang Efektif
 “Pengetahuan dan Keahlian Profesional”
Mengajar adalah hal yang kompleks dan karena murid-murid sekarang bervariasi, maka tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif untuk semua hal (Diaz,1997). Hal utama yang diperlukan untuk menguasai perspektif dan strategi itu ialah pengetahuan dan keahlian profesional, serta komitmen dan motivasi.
 Hasil gambar untuk guru efektif
Pengetahuan dan Keahlian Profesional
Guru yang efektif menguasai materi pelajaran dan keahlian atau keterampilan mengajar yang baik serta memiliki cara-cara agar memberikan pengajaran yang baik, berikut cara-caranya :
1. Penguasaan Materi Pelajaran
Guru yang baik dipandang sebagai guru yang menguasai materi dan memiliki pengetahuan materi yang mencakup fakta, istilah, dan konsep-konsep yang umum. Seorang guru juga perlu memiliki pengetahuan - pengetahuan dasar mengenai pengorganisasian kelas, materi, mengaitkan gagasan-gagasan, dan cara berpikir seorang guru haruslah teratur,disiplin dan dapat dipercaya mengenai pendapat-pendapatnya.
2. Strategi Pengajaran
Jhon Dewey dan William James mengemukakan prinsip utama filsafat pendidikan adalah prinsip konstruktivisme. Prinsip Konstruktivisme ini mengutamakan agar manusia atau individu secara aktif menyusun dan membangun ( to construct ) pengetahuan dan pemahaman. Menurut pandangan ini, guru tidak hanya sekedar memberikan informasi ke pikiran anak, akan tetapi guru juga harus mendorong anak atau siswanya. Zaman sekarang ini, pemahaman konstruksivisme menekankan pada sifat anak-anak yang saling kerja sama untuk mengetahui dan memahami pelajaran (Gauvain,2001).
3. Penetapan Tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
Guru yang efektif harus menentukan tujuan pelajaran dan pengajaran serta menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu (Pintrich & Schunk, 2002).
4. Keahlian Manajemen Kelas
Guru yang efektif harus membangun lingkungan pembelajaran yang kondusif dan optimal, yakni guru perlu meninjau ulang strategi penataan dan prosedur pengajaran, pengorganisasian kelompok,mentoring, dan menghidupkan suasana kelas serta mengerti dan menangani tindakan murid yang mengganggu dikelas.
5. Keahlian Motivasional
Guru harus emiliki strategi yang efektif dan jitu untuk memotivasi murid agar mau termotivasi untuk belajar dengan baik. Dan guru mesti tahu bahwa murid akan termotivasi saat bisa memilih apa yang di inginkan dan guru harus kreatif berfikir untuk memberikan kesempatan pada murid untuk usaha dan proyek mereka sendiri.
6. Keahlian Komunikasi
Guru harus memahami berbagai cara untuk berkomunikasi, baik itu komunikasi secara verbal ataupun komunikasi nonverbal dengan muri-murid dan juga orang tua dari murid. Guru mesti memiliki keahlian komunikasinya yang baik saat mereka bicara di dalam dan diluar pelajaran, dan guru juga harus meningkatkan keahlian murid untuk berkomunikasi agar berguna bagi mereka untuk mencari pekerjaan, karena saat ini yang banyak dicari perusahaan adalah yang memiliki keahlian dalam berkomunikasi.
7. Bekerja secara Efektif dengan Murid dari Latar Belakang Kultural yang Berlainan
Guru harus mengetahui dan memahami anak didik dengan latar belakang yang berbeda - beda, dan sensitif terhadap apa yang dibutuhkan mereka. Dan guru harus bersikap adil menjadi perantara kultur sekolah dengan kultur murid-murid yang berbeda, terutama dengan murid yang kurang sukses dalam bidang akademik dan Guru harus mencari tahu dan memikirkan cara atau upayanya agar murid berhasil.
8. Keahlian Teknologi
Guru yang efektif harus menguasai komputer atau tekonologi dan dapat ia terapkan dalam pengajarannya agar murid ikut menulis dan berkreasi serta mempersiapkan murid untuk siap mencari pekerjaan dimasa depan karena keahlian teknologi dan keahlian berbasis komputer sangat diutamakan dalam pekerjaan sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.